1.
Bahasa Inggris - IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
· Mengidentifikasi
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi aspek- aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
-
konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb)
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
makna antar bagian-bagian dalam teks:
-
pandangan, maksud, pendapat yang menjadi
ide utama
-
rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa,
deskripsi
- plot, alur pikiran
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur
kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
- persamaan kata
- word order
-
artikel,
demonstrative, possessive pronoun
-
agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- referensi makna
|
Aplikasi
·
Membandingkan
·
Mengklasifikasi
·
Menjelaskan
|
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
-
konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
|
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
-
pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
-
rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa,
deskripsi
- plot, alur pikiran
|
Peserta didik dapat membandingkan,
mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks
berikut ini:
- persamaan kata
- word order
-
artikel,
demonstrative, possessive pronoun
-
agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat
conditional
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
|
|
|
|
- konstruksi derivative
- referensi makna
|
Penalaran
·
Menyimpulkan
·
Merinci perbedaan/
persamaan
·
Menganalisis
|
Peserta didik
dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek- aspek fungsi sosial:
-
topik/isu/masalah
-
tujuan/fungsi/pesan
-
latar belakang/alasan
-
akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
-
konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
|
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci
perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam
teks:
-
pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
-
rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa,
deskripsi
- plot, alur pikiran
|
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci
perbedaan/persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi
teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
-
artikel,
demonstrative, possessive pronoun
-
agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat
conditional
- konstruksi derivative
- kalimat, frasa, ungkapan simpulan
- referensi makna
|
Keterangan:
Jenis teks lisan dan
tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
1)
Interaksi
transaksional/interpersonal tertulis (a.l. pendapat, pengandaian, memuji,
mengkritik, jati diri)
2)
Fungsional
pendek (a.l. announcement, invitation, advertisement)
3) Descriptive, recount,
narrative, procedure, Report,
exposition, news item
Tidak ada komentar:
Posting Komentar