Rabu, 02 Oktober 2019

KISI-KISI UN 2019 BAHASA INGGRIS


1.        Bahasa Inggris - IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan


Level Kognitif
Lingkup Materi
Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan Pemahaman
·      Mengidentifikasi
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek- aspek fungsi sosial:
-   topik/isu/masalah
-   tujuan/fungsi/pesan
-   latar belakang/alasan
-   akibat/dampak/manfaat
-   sikap/nilai yang diusung
-   peran dan fungsi pembicara/penulis
-   peran dan fungsi pendengar/pembaca
-   konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat mengidentifikasi makna antar bagian-bagian dalam teks:
-  pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
-  rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi
-  plot, alur pikiran
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-   persamaan kata
-   word order
-   artikel, demonstrative, possessive pronoun
-   agreement dan number
-   tense
-   passive voice
-   referensi gramatika
-   kata sambung
-   preposisi
-    referensi makna
Aplikasi
·      Membandingkan
·      Mengklasifikasi
·      Menjelaskan
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial:
-   topik/isu/masalah
-   tujuan/fungsi/pesan
-   latar belakang/alasan
-   akibat/dampak/manfaat
-   sikap/nilai yang diusung
-   peran dan fungsi pembicara/penulis
-   peran dan fungsi pendengar/pembaca
-   konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
-  pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
-  rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi
-  plot, alur pikiran
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
-   persamaan kata
-   word order
-   artikel, demonstrative, possessive pronoun
-   agreement dan number
-   tense
-   passive voice
-   referensi gramatika
-   kata sambung
-   preposisi
-   modal
-   kalimat conditional



Level Kognitif
Lingkup Materi
Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan



-   konstruksi derivative
-    referensi makna
Penalaran
·      Menyimpulkan
·      Merinci perbedaan/ persamaan
·      Menganalisis
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek- aspek fungsi sosial:
-   topik/isu/masalah
-   tujuan/fungsi/pesan
-   latar belakang/alasan
-   akibat/dampak/manfaat
-   sikap/nilai yang diusung
-   peran dan fungsi pembicara/penulis
-   peran dan fungsi pendengar/pembaca
-   konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
-  pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
-  rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi
-  plot, alur pikiran
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
-   persamaan kata
-   word order
-   artikel, demonstrative, possessive pronoun
-   agreement dan number
-   tense
-   passive voice
-   referensi gramatika
-   kata sambung
-   preposisi
-   modal
-   kalimat conditional
-   konstruksi derivative
-   kalimat, frasa, ungkapan simpulan
-    referensi makna

Keterangan:
Jenis teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
1)   Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. pendapat, pengandaian, memuji, mengkritik, jati diri)
2)   Fungsional pendek (a.l. announcement, invitation, advertisement)
3)  Descriptive, recount, narrative, procedure, Report, exposition, news item

Tidak ada komentar:

Posting Komentar