Minggu, 13 Oktober 2019

KD. KELAS X BAHASA DAN SASTRA INGGRIS KELAS


52. PEMINATAN SMA/MA

KELAS: X

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)




3.
memahami, menerapkan,
4.
mengolah, menalar, dan menyaji

menganalisis pengetahuan faktual,

dalam ranah konkret dan ranah

konseptual, prosedural

abstrak terkait dengan

berdasarkan rasa ingin tahunya

pengembangan dari yang

tentang ilmu pengetahuan,

dipelajarinya di sekolah secara

teknologi, seni, budaya, dan

mandiri, dan mampu

humaniora dengan wawasan

menggunakan metode sesuai

kemanusiaan, kebangsaan,

kaidah keilmuan

kenegaraan, dan peradaban terkait



penyebab fenomena dan kejadian,



serta menerapkan pengetahuan



prosedural pada bidang kajian yang



spesifik sesuai dengan bakat dan



minatnya untuk memecahkan



masalah




















-446-


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR




3.1
membedakan fungsi sosial,
4.1
menangkap makna secara

struktur teks, dan unsur

kontekstual terkait fungsi sosial,

kebahasaan beberapa teks khusus

struktur teks, dan unsur

dalam bentuk formulir isian yang

kebahasaan teks khusus dalam

digunakan di

bentuk formulir isian yang

perusahaan/bank/instansi lain,

digunakan di

dengan memberi dan meminta

perusahaan/bank/instansi lain,

informasi terkait jati diri dan

terkait jati diri dan informasi yang

informasi yang relevan, sesuai

relevan

dengan konteks penggunaannya






3.2
menerapkan fungsi sosial, struktur
4.2
menyusun teks interaksi

teks, dan unsur kebahasaan teks

transaksional lisan dan tulis yang

interaksi transaksional lisan dan

melibatkan tindakan memberi dan

tulis yang melibatkan tindakan

meminta informasi terkait

memberi dan meminta informasi

keharusan melakukan suatu

terkait keharusan melakukan suatu

tindakan/kegiatan pada waktu

tindakan/kegiatan pada waktu

yang akan datang, saat ini, atau

yang akan datang, saat ini, atau

waktu lampau, dengan

waktu lampau, sesuai dengan

memperhatikan fungsi sosial,

konteks penggunaannya.

struktur teks, dan unsur

(Perhatikan unsur kebahasaan

kebahasaan yang benar dan sesuai

should+(simple),

konteks

should+(continuous),



should+(perfect))






3.3
menerapkan fungsi sosial, struktur
4.3
menyusun teks interaksi

teks, dan unsur kebahasaan teks

transaksional lisan dan tulis yang

interaksi transaksional lisan dan

melibatkan tindakan memberi dan

tulis yang melibatkan tindakan

meminta informasi terkait

memberi dan meminta informasi

tindakan/kegiatan/kejadian yang

terkait tindakan/kegiatan/kejadian

akan, sedang, dan telah

yang akan, sedang, dan telah

dilakukan/terjadi di waktu yang

dilakukan/terjadi di waktu yang

akan datang, dengan

akan datang, sesuai dengan

memperhatikan fungsi sosial,

konteks penggunaannya

struktur teks, dan unsur

(Perhatikan unsur kebahasaan

kebahasaan yang benar dan sesuai

will+(simple), will+(continuous),

konteks

will+(perfect))






3.4
menerapkan fungsi sosial, struktur
4.4
menyusun teks interaksi

teks, dan unsur kebahasaan teks

transaksional lisan dan tulis yang

interaksi transaksional lisan dan

melibatkan tindakan memberi dan

tulis yang melibatkan tindakan

meminta informasi yang

memberi dan meminta informasi

mengandung hubungan setara

terkait hubungan setara antara dua

antara dua benda/tindakan,

benda/tindakan, sesuai dengan

dengan memperhatikan fungsi

konteks penggunaannya.

sosial, struktur teks, dan unsur

(Perhatikan unsur kebahasaan both

kebahasaan yang benar dan sesuai

... and; not only ... but also; either ...

konteks

or; neither ... nor)







-447-



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR




3.5
membedakan fungsi sosial,
4.5
teks recount dalam bentuk biografi

struktur teks, dan unsur
4.5.1 menangkap makna secara

kebahasaan beberapa teks recount


kontekstual terkait fungsi sosial,

lisan dan tulis dalam bentuk



struktur teks, dan unsur

biografi dengan memberi dan



kebahasaan teks recount lisan dan

meminta informasi terkait tokoh



tulis, dalam bentuk biografi terkait

terkenal, sesuai dengan konteks



tokoh terkenal

penggunaannya


4.5.2
menyusun teks recount lisan dan





tulis, dalam bentuk biografi, terkait



tokoh terkenal, dengan



memperhatikan fungsi sosial,



struktur teks, dan unsur



kebahasaan, secara benar dan



sesuai konteks




3.6
menerapkan fungsi sosial, struktur
4.6
menyusun teks interaksi

teks, dan unsur kebahasaan teks

transaksional lisan dan tulis yang

interaksi transaksional lisan dan

melibatkan tindakan memberi dan

tulis yang melibatkan tindakan

meminta informasi terkait

memberi dan meminta informasi

kecukupan untuk dapat/tidak

terkait kecukupan untuk

dapat melakukan/menjadi sesuatu,

dapat/tidak dapat

dengan memperhatikan fungsi

melakukan/menjadi sesuatu,

sosial, struktur teks, dan unsur

sesuai dengan konteks

kebahasaan yang benar dan sesuai

penggunaannya. (Perhatikan unsur

konteks

kebahasaan too ... to ..., ... enough



to...)





3.7
membedakan fungsi sosial,
4.7  iklan kegiatan (event)

struktur teks, dan unsur
4.7.1 menangkap makna secara

kebahasaan beberapa teks khusus


kontekstual terkait fungsi sosial,

dalam bentuk iklan dengan



struktur teks dan unsur

memberi dan meminta informasi



kebahasaan teks khusus dalam

terkait kegiatan (event), sesuai



bentuk iklan kegiatan (event)

dengan konteks penggunaannya


4.7.2
menyusun teks khusus dalam





bentuk iklan kegiatan (event), lisan



dan tulis, dengan memperhatikan



fungsi sosial, struktur teks, dan



unsur kebahasaan, secara benar



dan sesuai konteks




3.8
membedakan fungsi sosial,
4.8
teks report

struktur teks, dan unsur
4.8.1 menangkap makna secara

kebahasaan beberapa teks report


kontekstual terkait fungsi sosial,

lisan dan tulis dengan memberi dan



struktur teks, dan unsur

meminta informasi terkait teknologi



kebahasaan teks report lisan dan

yang tercakup dalam mata



tulis, terkait teknologi yang

pelajaran lain di Kelas X sesuai



tercakup dalam mata pelajaran lain

dengan konteks penggunaannya



di Kelas X








-448-



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR






4.8.2
menyusun teks report lisan dan



tulis, terkait teknologi yang



tercakup dalam mata pelajaran lain



di Kelas X, dengan memperhatikan



fungsi sosial, struktur teks, dan



unsur kebahasaan, secara benar



dan sesuai konteks




3.9
menafsirkan fungsi sosial, struktur
4.9
menangkap makna secara

teks, dan unsur kebahasaan teks

kontekstual terkait fungsi sosial,

khusus dalam bentuk proverb dan

struktur teks, dan unsur

riddle, dengan memberi dan

kebahasaan teks khusus proverb

meminta informasi terkait

dan riddle terkait kehidupan remaja

kehidupan remaja sesuai dengan



konteks penggunaannya






3.10
menafsirkan fungsi sosial dan
4.10
menangkap makna secara

unsur kebahasaan lirik lagu terkait

kontekstual terkait fungsi sosial

kehidupan remaja SMA/MA

dan unsur kebahasaan lirik lagu



terkait kehidupan remaja SMA/MA













Tidak ada komentar:

Posting Komentar